Andai Aku Menjadi Ketua KPK “Bersih-bersih di Pekarangan Sendiri, Pekarangan Orang Lain dan Untuk Selamanya”

Kamis, 15 November 2012




Andai Aku Menjadi Ketua KPK
“Bersih-bersih di Pekarangan Sendiri, Pekarangan Orang Lain dan Untuk Selamanya”
Oleh : Muhammad Iqbal

Andai aku menjadi ketua KPK maka yang dilakukan ialah bersih-bersih di pekarangan sendiri yaitu KPK sebagai instansi bebas korupsi. Setelah itu, membersihkan pekarangan orang lain atau memberantas korupsi di berbagai instansi. Terakhir, memberantas korupsi untuk selamanya atau dengan kata lain memberantas korupsi dan mencegahnya menjadi sebuah budaya atau karakter orang Indonesia.

Cara-cara strategis yang dilakukan dalam rangka bersih-bersih tersebut ialah :

  1. Memberantas korupsi yang dilakukan oleh penyidik dan pegawai KPK dengan penguatan organisasi pengawasan internal KPK terkait pembangunan integritas organisasi KPK. Caranya ialah penguatan SOP pengawasan internal dan menempatkan pengawas pengalaman & berintegritas.
  2. Mengembangkan Penilaian  Inisiatif  Anti  Korupsi /PIAK untuk semua instansi dalam bentuk key performance indicators/KPI.
  3. Mengembangkan Sistem Integritas Nasional berwawasan karakter bangsa guna memberantas korupsi menjadi budaya Indonesia.
  4. Pengembangan Fraud Control dan tahun 2014 bisa dilaksanakan sepenuhnya.
  5. KPK harus memiliki kewenangan khusus sebagai lex specialis  dalam pemberantasan korupsi agar tidak ada pertikaian siapa yang berwenang dalam penyelidikan kasus korupsi seperti kasus simulator SIM. Oleh karena itu, perlu didorong pembuatan peraturan perundangan-undangan yang khusus mengatur kewenangan tersebut.

1 komentar:

iqbal mytaro mengatakan...

http://lombablogkpk.tempo.co/index/tanggal/741/Muhammad%20Iqbal.html

Posting Komentar